Selasa, 04 Februari 2014

Pengertian Dabbah Menurut Al qur'an

PENGERTIAN DABBAH MENURUT AL QUR'AN
-------------------------------------------------------
oleh : Amma Djamie
Salamun alaikum'

BENARKAH DABBAH BINATANG MELATA...?
Dalam keterangan ini saya ingin berbagi informasi tentang pengertian DABBAH yang secara bahasa kamus Arab-Indonesia dikatakan adalah Binatang Melata ,lantas bagaimanakah pengertian sesungguhnya tentang Dabbah itu...?Oleh karena itulah alasan saya memberikan penjelasan tentang dabbah yg sebenarnya sudah tertuang di dalam Al qur'an sebagai Petunjuk (2/185, 16/89)...
"gambar ilustrasi Beragam Aneka Binatang Melata "

Perlu diketahui bersama bahwa Al qur'an memberikan penjelasan2 secara terperinci tetapi meski harus mencari pengertian itu secara kaffah atau keseluruhan antara ayat yg satu dan yang lain agar terjadi suatu eksistensi pengertian yg sejalan dan dimaksudkan oleh Allah sendiri didalam penjelasannya
Dabbah yg biasa diartiakan binatang melata itu sebenarnya hanya salah satu diantara pengertian dabbah yg sesungguhnya ,Ada juga yang mengartikan Dabbah itu adalah komputer denagan alasan bahwa ia perangkat material yg bertebaran di bumi dgn mempunyai banyak kabel disekitarnya seperti halnya binatang melata yg mempunyai kaki seribu dll, padahal komputer hanyalah sejenis program kemajuan dari perkembangan ilmu tehknology dari peradaban manusia yg dibuat dengan program2 tertentu jadi sudah barang tentu sebuah komputer hanya mengikuti si pembuat program tertentu bukan...?

Dibawah ini ada sebagian ayat2 yg menggunakan istilah Dabbah..:

Qs.42/29" Diantara Ayat - Ayat Allah ialah kejadian samawat dan Ardh ( Bumi ) dan apa2 yang bertebaran pada keduanya ( Samawat & Bumi ) dari DABBAH . Dia ( Allah ) Maha kuasa atas menghimpun mereka dengan apa yg di kehendaki-Nya".

Qs.8/22"Sesungguhnya sejahat-jahat Dabbah di sisi Allah ialah orang yang tuli lagi buta, merekalah orang2 yg tidak memikirkan".

Qs.8/55"Sesungguhnya sejahat-jahat Dabbah di sisi Allah ialah orang - orang kafir , merekalah orang2 yang tidak mau beriman".

Dari pengertian ayat2 di atas dapat diambil kesimpulan bahwa Dabbah sosok mahluk yang berada di samawat dan bumi ini yang diantaranya ada yang baik dan yg jahat menurut ketetapan Allah , Jadi kalau sebenarnya dikatakan bahwa Dabbah itu binatang melata memang ada benarnya tetapi Dabbah bukanlah sekedar binatang melata semata karena binatang melata tidak bisa berpikir dan binatang itu tidak mempunyai akal sehat seperti halnya Manusia bukan ..?

Hal tentang Dabbah lebih di perjelas lagi dengan ayat diwah ini:

Qs.24/45"Allah menjadikan Dabbah dari Alma' , sebagiannya ada yang berjalan diatas perutnya (binatang melata),sebagiannya ada yang berjalan diatas dua kaki ( termasuk manusia ) dan berjalan empat kaki (Binatang empat kaki ). Allah menjadikan apa2 yg dikehendaki-Nya. Sungguh Allah Maha kuasa atas tiap2 sesuatu".

Cermati ayat diatas dengan teliti dan cermat bahwa Allah menjadika Dabbah "Insan yang berjiwa" itu dari Alma' ( Air ) diantaranya ;
- Berjalan diatas perut seperti Binatang melata .
- Berjalan dengan dua kaki seperti ( bebek, berung itik (ayam) atau pun jenis unggas lain dan termasuk yang berjalan dengan dua kaki ialah MANUSIA.
- Berjalan empat kaki seperti ( sapi, kerbau , kambing dll )..

"kesimpulan dari beberapa ayat diatas bahwa Dabbah bukanlah Komputer Atau sekedar Binatang Melata saja akan tetapi Dabbah ialah seluruh jenis MAHLUK YANG BERJIWA " yang didalamnya termasuk adalah MANUSIA "

 Demikianlah keterangan ayat2 tentang Dabbah yg bisa saya kutipkan disini , dan semua itu sudah tertuang dalam Al qur'an secara terperinci . dan inilah salah satu contoh mentadzabur ayat2 yang satu dan yang lain secara kaffah agar menjadikan suatu pengertian tentang sesuatu menjadi jelas..mohon maaf jika ada ketidak samaan dalam hal ini, atas kekurangannya saya ucapkan terima kasih..

salam sejahtera

28 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. bagus. semoga yang lain bisa baca ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukkan balasan Anda...Terima Kasih... semoga bermanfaat

      Hapus
  3. Mudah-mudahan yang lainnya juga membaca secara kaffah....

    Penerangan diatas cukup jelas dan gamblang.... jazakallah khair..

    BalasHapus
  4. assalaammu'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatu .
    bismillaahirrahmaanirrahiim
    ALLAH menjadikan dabbah dari alma' ( air )...berarti makhluk asing dong ( alien )....mohon penjelasannya...

    BalasHapus
  5. assalaammu'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatu .
    bismillaahirrahmaanirrahiim
    ALLAH menjadikan dabbah dari alma' ( air )...berarti makhluk asing dong ( alien )....mohon penjelasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. 90% tubuh manusia terdiri dari air
      kenapa harus menjurus ke alien sih....

      Hapus
  6. assalaammu'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatu .
    bismillaahirrahmaanirrahiim
    ALLAH menjadikan dabbah dari alma' ( air )...berarti makhluk asing dong ( alien )....mohon penjelasannya...

    BalasHapus
  7. Manusia diciptakan dari air bukan alien. Mohon maaf "air sperma" darah pun air. Surat Al-Alaq bisa dilihat terjemahnya. Manusia tidak bisa hidup tanpa air. Dan sebagian besar bumi kita diselimuti lautan (air)

    BalasHapus
  8. Manusia diciptakan dari air bukan alien. Mohon maaf "air sperma" darah pun air. Surat Al-Alaq bisa dilihat terjemahnya. Manusia tidak bisa hidup tanpa air. Dan sebagian besar bumi kita diselimuti lautan (air)

    BalasHapus
  9. jadi dabbah itu makhluk yang seperti apa sih konkritnya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di baca ulang postnya mas...
      Dabbah itu seluruh makhluk yg berjiwa termasuk manusia

      Hapus
  10. Semua yg ada di langit dan di bumi tidaklah asing, dan dan jelas di katakan dalam al-quran bahwa manusia itu di ciptakan dg campuran tanah, bukan air, sejarah pun tdak pernah berubah sampai sekarang.

    BalasHapus
  11. http://www.thenewearth.org/InnerEarth.html

    BalasHapus
  12. informasi diatas benar adaNya berdasarkan fakta sejarah orang2 yang pernah bertemu dengan dabbah, mereka mahluk yang sangat cerdas dan berteknologi tinggi, sudah pernah mengirim pesan ke berbagai pemimpin dunia tapi tidak dihiraukan..mereka dari budaya lama yang hilang, biasanya dikenal dengan nama Annunaki, Lemurian dan Atlantis.

    BalasHapus
  13. Kebanyakan nonton anime jadinya begini nih. SubhanAllah. Wallahu alam aje dah ane. Wasalam. .

    BalasHapus
  14. Kebanyakan nonton anime jadinya begini nih. SubhanAllah. Wallahu alam aje dah ane. Wasalam. .

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Dibawah ini ada fakta yg kudapat tentang istilah DABBAH (yang di Alquran bisa berlafal dabbatin, dabbatun, dawabbatun, dawabbi, dabbati):

    1. DABBAH itu rupanya makhluk berakal. Mereka bisa berfikir, mereka pun bisa beriman kepada Allah, mereka pun memiliki kebebasan berkehendak, ada yang beriman, ada yang kafir. Artinya mereka sama sekali bukanlah binatang (yang tidak berakal).
    Qs.8/22
    "Sesungguhnya sejahat-jahat DABBAH di sisi Allah ialah mereka yang tuli lagi buta, merekalah yang tidak mau memikirkan".
    Qs.8/55
    "Sesungguhnya sejahat-jahat DABBAH di sisi Allah ialah mereka yang kafir , merekalah yang tidak mau beriman".
    QS 16:49
    Dan kepada Allah sajalah bersujud segala yang ada di samawat dan ardh (bumi) DABBAH dan juga Para malaikat, sedang mereka (malaikat) tidak menyombongkan diri”

    2. DABBAH berjenis-jenis seperti ras manusia. Bahkan DABBAH memiliki jumlah anggota gerak bervariasi, bahkan ada yang bergerak dengan perutnya.
    QS 35:28
    Demikian di antara "AnNas (Umat Manusia)", DABBAH , dan "Binatang ternak" ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah para ulama. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Maha Pengampun.
    Qs.24/45
    "Allah menjadikan DABBAH dari Alma' , sebagiannya ada yang berjalan diatas perutnya ,sebagiannya ada yang berjalan diatas dua kaki dan berjalan dengan empat kaki. Allah menjadikan apa2 yg dikehendaki-Nya. Sungguh Allah Maha kuasa atas tiap2 sesuatu"

    3. Meski pun ada yang menganggap manusia berkaki dua termasuk dalam yang diistilahkan sebagai DABBAH, namun DABBAH di Alquran berbeda dengan Manusia. Karena penyebutannya dibedakan dengan penyebutan manusia. Bacalah ayat di bawah ini:
    QS 22:18
    Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, DABBAH dan sebagian besar daripada AnNAs (Umat manusia)? Dan banyak di antara annas (umat manusia) yang telah ditetapkan azab atasnya. Dan barangsiapa yang dihinakan Allah maka tidak seorangpun yang memuliakannya. Sesungguhnya Allah berbuat apa yang Dia kehendaki.
    QS 35:28
    Demikian di antara "AnNas (Umat Manusia)", DABBAH , dan "Binatang ternak" ada yang bermacam-macam warnanya (dan jenisnya). Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah para ulama. Sesungguhnya Allah Mahaperkasa lagi Maha Pengampun.
    QS 45:4
    Dan pada penciptakan kamu dan DABBAH terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) untuk kaum yang meyakini,

    BalasHapus
  17. 4. DABBAH memiliki kemampuan berkomunikasi dengan manusia. Dan manusia akan mengerti bahasa DABBAH, begitupun sebaliknya.
    QS 27:82
    Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka (azab). Kami keluarkan DABBAH dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.

    5. Allah menciptakan Jenis DABBAH yang hidup di bumi dan juga ada DABBAH yang hidup di samawat / bisa berarti langit, atau langit yang berlapis lapis, bisa juga benda langit yang ada di dalamnya misalnya planet, dll.
    Qs.42/29
    "Diantara Ayat - Ayat Allah ialah kejadian Samawat dan Ardh ( Bumi ) dan DABBAH yang DIA sebarkan pada keduanya ( Samawat & Bumi ) . Dia ( Allah ) Maha kuasa atas menghimpun mereka dengan apa yg di kehendaki-Nya".
    QS 6:38
    Dan tiadalah DABBAH di bumi dan burung-burung yang terbang dengan kedua sayapnya, melainkan umat (juga) seperti kamu. Tiadalah Kami alpakan sesuatupun dalam Al-Kitab, kemudian kepada Tuhanlah mereka dihimpunkan.
    QS 2:164
    Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang, bahtera yang berlayar di laut membawa apa yang berguna bagi manusia, dan apa yang Allah turunkan dari langit berupa air, lalu dengan air itu Dia hidupkan bumi sesudah mati (kering)-nya dan Dia sebarkan di bumi itu DABBAH, dan pengisaran angin dan awan yang dikendalikan antara langit dan bumi; sungguh (terdapat) tanda-tanda (keesaan dan kebesaran Allah) bagi kaum yang memikirkan.
    QS 31:10
    Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan memperkembang biakkan padanya segala macam jenis DABBAH. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.

    BalasHapus

  18. 6. DABBAH di bumi, yang hidup di Zaman Nabi Sulaiman diabadikan dalam Alquran, bahkan mereka berasimilasi, menjalin interaksi sosial dengan Jin dan Manusia di Zaman Nabi Sulaiman. Dan istimewanya DABBAH ini mengetahui yang tidak diketahui (ghaib) oleh Para Jin, bisa jadi ini adalah Intelegensia DABBAH yang salah satunya mengetahui tanda tanda wafatnya seorang Nabi, akan tetapi Jin tidak mengetahui. Bacalah ayat berikut:
    QS 34:14
    Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali DABBAH di bumi , yang mengambil (ada yang mengartikan ta'qulu: memakan) tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa sekiranya mereka mengetahui yang gaib, tentulah mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan"

    7. DABBAH telah berjumpa dan menjalin interaksi sosial dengan manusia dahulu (jelas disebutkan di zaman Nabi Sulaiman dan mungkin juga pada zaman nabi lain setelahnya atau sebelumnya) akan tetapi DABBAH tidak menampakkan diri lagi di Zaman Umat Nabi Muhammad, dikarenakan Allah telah menggariskannya. Mereka menjadi saksi peradaban Umat terdahulu. Saat umat nabi terdahulu (sebelum nabi Muhammad) membuat kezaliman dan menyebabkan mereka dijatuhi siksa Allah, DABBAH yang hidup pada saat itu diberikan penangguhan oleh Allah sehingga mereka tidak ikut ditimpa siksa Allah, ataupun kematian pada saat azab itu ditimpakan. Hal itu bisa dibaca dari ayat ayat berikut
    QS 35:45
    Dan kalau sekiranya Allah menyiksa AnNas (Umat Manusia) disebabkan perbuatannya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi satu DABBAHpun, akan tetapi Allah menangguhkan mereka, sampai waktu yang tertentu; maka apabila datang ajal mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.
    QS 16:61
    Jikalau Allah menghukum AnNas (Umat Manusia) karena kezalimannya, niscaya tidak akan ditinggalkan-Nya di muka bumi satu DABBAHpun, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan. Maka apabila telah tiba waktunya (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukannya.
    QS 27:82
    Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka. Kami keluarkan DABBAH dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya MANUSIA DAHULU tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.

    8. DABBAH seperti halnya manusia juga memiliki Ajal, artinya mereka bisa mati dan mereka juga berkembang biak, beranak pinak. Hal inilah yang menyebabkan keturunan mereka akan terus ada di bumi dan samawat (langit/ langit yang berlapis/ benda langit semisal planet, dll). Hal ini bisa dilihat di Ayat ayat:
    QS 35:45
    Dan kalau sekiranya Allah menyiksa AnNas (Umat Manusia) disebabkan perbuatannya, niscaya Dia tidak akan meninggalkan di atas permukaan bumi satu DABBAHpun, akan tetapi Allah menangguhkan mereka, sampai waktu yang tertentu; maka apabila datang ajal mereka, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Melihat hamba-hamba-Nya.
    QS 16:61
    Jikalau Allah menghukum AnNas (Umat Manusia) karena kezalimannya, niscaya tidak akan ditinggalkan-Nya di muka bumi satu DABBAHpun, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan. Maka apabila telah tiba waktunya (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukannya.
    QS 31:10
    Dia menciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkan gunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; dan berkembang biak di dalamnya segala macam jenis DABBAH. Dan Kami turunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhan yang baik.

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  20. 9. Allahlah yang mengetahui di mana tempat persembunyian DABBAH saat ini dan Allahlah yang memberi mereka rezeki sehingga tetap bertahan hingga saat ini, dan di kemudian hari akan muncul sebagai pertanda akhir zaman
    QS 11:56
    Sesungguhnya aku bertawakkal kepada Allah Tuhanku dan Tuhanmu. Tidak ada satu DABBAH pun melainkan Dialah yang memegang ubun-ubunnya (Allah memegang kuasa atas mereka) . Sesungguhnya Tuhanku di atas jalan yang lurus
    QS 11:6
    Dan tidak ada satu DABBAH pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam mereka itu dan tempat persembunyiannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).
    QS 29:60
    Dan berapa banyak DABBAH yang tidak membawa rezekinya sendiri. Allah-lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

    10. DABBAH akan menampakkan diri kembali secara terang-terangan sebagai salah satu tanda dekatnya Hari Kiamat akan Tiba.
    QS 27:82
    Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka. Kami keluarkan DABBAH dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.
    Muslim, Abu Dawud dan at-Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Zur’ah berkata, Ada tiga orang kaum muslimin yang duduk di sisi Marwan bin al-Hakam, mereka mendengarnya –sementara dia menyinggung tanda-tanda Kiamat– menyatakan bahwa Dajjal adalah tanda pertama yang muncul. Maka Abdullah bin Amru berkata, “Marwan tidak mengucapkan apa-apa, saya telah menghafal suatu hadits dari Rasulullah saw yang tidak aku lupakan sesudah aku mendengarnya dari beliau, beliau bersabda, ‘Tanda yang pertama kali muncul adalah terbitnya matahari dari barat dan munculnya DABBAH di bumi kepada manusia di waktu Dhuha. Apa pun dari keduanya mendahului yang lain maka yang lain menyusul tidak lama kemudian’.”
    Dari Hudzaefah bin Usaid Al-Ghifari berkata, Rasulullah saw melewati kami, sementara kami sedang berbincang-bincang. Beliau bertanya, “Apa yang kalian perbincangkan?” Kami menjawab, “Kiamat.” Beliau bersabda, “Kiamat tidak datang sehingga kalian melihat sepuluh tanda sebelumnya: dukhan, Dajjal, DABBAH di bumi, terbitnya matahari dari barat, turunnya Isa bin Maryam, Ya’juj dan Ma’juj, tiga pembenaman: pembenaman di timur, pembenaman di barat dan pembenaman di jazirah Arab, dan yang terakhir adalah api yang menggiring manusia ke padang Mahsyar.” (HR. Muslim, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi).

    Jadi kesimpulannya:
    DABBAH adalah makhluk berakal yang terdiri dari berbagai ras dan memiliki anggota gerak bisa memiliki empat kaki, dua kaki atau berjalan dengan perut, yang memiliki kebebasan berkehendak, memiliki kecerdasan, mampu berkomunikasi dalam bahasa manusia, yang sudah ada dan pernah berinteraksi dengan peradaban umat terdahulu sebelum umat nabi muhammad. DABBAH bisa mati bila telah mencapai ajalnya, dan memiliki kemampuan berkembang biak; mereka berdiam di bumi dan di luar bumi (kemungkinan juga di planet-planet lain, tata surya atau galaksi lain). Saat ini Allah memelihara mereka melalui suatu mekanisme sehingga mereka masih tersembunyi dari kita. Dan mendekati kiamat DABBAH akan muncul terang terangan di waktu pagi menjelang siang hari.
    Dari deskripsi di atas maka tidaklah berlebihan jika kemungkinannya DABBAH itu adalah yang saat ini kita sebut sebagai ALIEN atau MAKHLUK ASING yang mengenai wujudnya bisa jadi sama atau berbeda dengan wujud ALIEN yang diketahui banyak orang. Di akhir zaman, MAKHLUK ASING ini akan muncul dan berkomunikasi terang terangan dengan manusia. Wallahu A'lam, Hanya Allah lah yang mengetahui Kebenaran Sejatinya.

    BalasHapus
  21. Coba cek kaum "Reptilian" di google atau youtube, hampir semua teori konspirasi asalnya dari kaum "Reptil" ini
    https://www.youtube.com/shared?ci=CYD3eCs5MwY

    BalasHapus
  22. Terimakasih atas atensi dan masukan yang berguna...

    BalasHapus
  23. Dabbah itu mahluk yg diciptakan betjiwa namun tdk berjasad, jdi berada di alam goib. sedangkan manusia dialam goibnya nanti setelah wafat. dabbah sudah diciptakan sejak dahulu berurutan setelah malaikat diciptakan. dabbah ada yg di bumi & diluar bumi/ alam lain. krn goib dia hanya bisadilihat dg indra ke6, hanya org" yg dikehendaki yg bisa lihat ,krn alam goib pun berlapis, sedang dia dilapisan ke 7.

    BalasHapus